Selamat Datang di Blog SMK Negeri 5 Surakarta, semoga dapat bermanfaat dan menjadi sarana bertukar informasi....
Selasa, November 10, 2009

Hari Pahlawan 10 November SMKN 5 Surakarta

Diposting oleh Admin

Memperingati Hari Pahlawan yang bertepatan pada tanggal 10 November SMKN 5 Surakarta melaksanakana Upacara Bendera. Upacara diikuti oleh seluruh warga SMKN 5 Surakarta diantaranya para Guru, Staf karyawan, dan Siswa.

Adapun yang bertindak sebagai inspektur upacara adalah bapak Drs. Sunartono, beliau menyampaikna beberapa hal yang dalam sambutan dari Menteri Sosial. Dalam isi sambutan suatu bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa perjuangan para pahlawanya. Semua elemen masyarakat harus dapat mampu memberikan yang terbaik bagi kemajuan bangsa ini. Misalnya sebagai siswa wajib menuntut ilmu yang sungguh-sungguh dalam belajar itu merupakan salah satu tindakan nyata dalam meneruskan perjuangan pahlawan, sebagai pelaku birokrasi harus mampu memberikan kinerja yang positif diantaranya adalah dengan memiliki etos kerja yang tinggi, rasa disiplin, serta memiliki performance kerja dalam melayani masyarakat, sebagai anggota masyarakat harus memberikan kontribusi yang positif pula.

Perjuangan pahlawan sejak dulu memang sangat membutuhkan perjuangan dan pengorbanan. Diawali pada agresi militer belanda pertama dan kedua. Saat itu banyak terjadi pertempuran antara pejuang dan penjajah. Misalnya di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, dan masih banyak lagi daerah yang melakukan perlawanan. Berawal dari dikuasainya Kota Surabaya oleh penjajah saat itu. Pejuang tidak tinggal diam. Banyak aset penting yang dikuasai Belanda. Namun dengan kegigihan penjaung yang dipimpin oleh Bung Tomo memberikan banyak arti, diantaranya adalah serangangan 10 November. Banyak kejadian penting saat inu diantaranya penjuang berhasil melumpuhkan Belanda yaitu dikuasainya salah satu radio di Surabaya, Hotel Yamato, Tanjung perak, Jembatan merah. Peristiwa yang bersejarah adalah pemuda berhasil menurunkan bendera Belanda dan menggantikan (disobek) digantin dengan bendera merah putih., serta peristiwa lainnya yang tak kalah pentingnya.

Perjuangan waktu itu juga terjadi diberbagai daerah yang telah memberikan arti yang penting. Oleh akrena itu sebagai penerus kita harus memberikan yang terbaik bagi bangsa Indonesia. Sebagai siswa kita wajib menuntut ilmu untuk kemajuan diri pribadi maupun masyarakat secara umum. (sasnews/101109)


0 komentar:

Posting Komentar

SMKN 5 Surakarta

Jl. LU Adisucipto No. 42 Surakarta 57143